Jumat, 26 Februari 2010

budaya - budaya di jawa tengah

jawa tengah adalah propinsi dimana budaya jawa banyak berkembag disini karena di jawa tengah dahulu banyak kerajaan berdiri disini itu terlihat dari berbagai peninggalan candi di jawa tengah.
mahakarya yang sungguh mempesona adalah batik di jawa tengah setiap daerah mempunya corak batik tulis yang berbeda beda mereka mempunyai ciri khas sendiri sendiri selain batik ada juga kesenian yang tak kalah luar biasanaya ada wayang kulit yang sudah dia kaui dunia sebagai warisan budaya dunia oleh unesco ada juga tembang tembang (lagu lagu ) jawa yang diiringi oleh gamelan (alat musik) yang juga dikenal dengan campursariada juga ketoprak yang merupakan pertunjukan seni peran khas dari jawa
di jawa tengah juga masih ada kerjaan yang samapai sekarang masih berdiri tepatnya dikota solo yang dikenal dengan kasunanan solo
budaya jawa tengah sungguh banyak mulai dari wayang ,wayang orang, ketoprak,tari dan masih banyak lagi.

budaya jawa tengah beraneka ragam seni dan budayanya, banyak seni dan budaya dari jawa tengah yang di ambil untuk di jadikan contoh di luar negeri. di luar negeri banyak yang memakai tari-tarian dari jawa khususnya jawa tengah. untuk itu saya bangga juga menjadi salah satu penduduk yang berasal dari jawa tengah.

di jawa tengah terdapat banyak kota, masing-masing kota banyak seni dan budayanya, sangat beraneka ragam. Jawa Tengah banyak terdapat obyek wisata yang sangat menarik. Kota Semarang memiliki sejumlah bangunan kuno. Obyek wisata lain di kota ini termasukpuri maerokoco (Taman Mini Jawa Tengah) dan museum rekor indonesia (MURI).

Salah satu kebanggaan provinsi ini adalah candi borobudur, yakni monumen buddha terbesar di dunia yang dibangun pada abad ke-9, terdapat di kabupaten magelang. candi mendut dan Pawon juga terletak satu kompleks dengan Borobudur.


0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com